Resesi Terhadap Ekonomi di Indonesia

Apa itu Resesi?

Resesi ekonomi adalah suatu keadaan dimana terdapat penurunan produk domestik bruto (GDP) sebuah negara dalam kurun waktu lebih dari 2 kuartal selama setahun sehingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif. Resesi suatu negara biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 

  • Meningkatnya angka pengangguran
  • Penjualan ritel menjadi cenderung turun 
  • Kontraksi pendapatan pada bagian manufaktur dalam periode yang cukup lama.

Penyebab resesi 

Resesi ekonomi terjadi karena adanya guncangan ekonomi yang tidak dapat diprediksi akibat sebuah keadaan yang muncul secara tidak terguda dan menyebabkan krisis keuangan yang cukup serius. 

Dampak resesi ekonomi  

  1. Melambatnya ekonomi negara yang menyababkan setor rill akan menahan kapasitas prdosuksinya dan juga terjadinya PHK yang bahkan beberapa perusahaan berkemungkinan besar menutup usahanya atau tidak beroperasi.
  2. Investor meletakkan dananya berupa investasi yang aman, hal ini dikarenakan dunia investasi yang mengalami penuruna derastis.
  3. Lemahnya daya beli masyarakat karena ekonomi yang semakin tidak karuan sehingga masyarakat mengutamakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya terlebih dahulu dibandingkan dengan barang yang sedikit manfaat.

Resesi di Indonesia

  1. Keluarnya modal asing di pasar surat utang domestik.
  2. Likuiditas di pasar semakin menyempit akibat sehingga menyebabkan perebutan dana antara pemerintah dan perbankan.
  3. Kenaikan suku bunga The Fed rentan diikuti kenaikan tingkat suku bunga di negara berkembang
  4. Dikhawatirkan akan terjadi imported inflation sebagai akibat membengkaknya biaya impor bahan baku dan barang konsumsi.

 

Sumber:

Bagikan Artikel :

Leave a Reply