Press Release WORKOUT

WORKOUT adalah singkatan dari Workshop for Accounting Students yang merupakan salah satu program kerja dari Departement Research and Development HMJ Akuntansi FEB UNS. WORKOUT 2022 sudah diselenggarakan pada Sabtu, 19 November 2022 hingga Minggu, 20 November 2022 dengan tema “Be Adaptive in Accounting Technology Era with Excel”. Acara ini diselenggarakan secara online yang dihadiri lebih dari 200 peserta dari berbagai kota. Rangkaian acara WORKOUT dimulai dengan pembukaan pada pukul 09.00 yang diisi dengan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh ketua HMJ Akuntansi FEB 2022 yaitu Ignasius Marcel. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara pertama yaitu bapak Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA. CMA.  Bapak Gunawan adalah dosen Akuntansi di Universitas Gadjah Mada. Materi yang dijelaskan oleh Pak Gunawan adalah pengantar akuntansi berupa Siklus Akuntansi Jasa Modern yang terdiri dari siklus pendapatan, pengeluaran, personalia, investasi, pendanaan, dan pelaporan. Materi tersebut adalah pengantar sebelum membahas fungsi-fungsi Microsoft Excel yang dibutuhkan oleh seorang akuntan ataupun masyarakat umum. Selepas pemaparan materi pertama, dibuka sesi tanya jawab yang merupakan ajang diskusi antara peserta dan juga pembicara. 

Materi kedua dipaparkan oleh Bapak Seni Raftsan Zani, S.T., M.M. Bapak Seni adaah seorang direktur di PT Sinergi Ruang Zaman. Pak Seni memaparkan dan mempraktikkan beberapa fungsi Microsot Excel, seperti Sum, If, Count, Fungsi Text, Lookup, Pivot Table, Sparkline, Persentase, dan Conditioning Formatting. Beliau sangat interaktif dalam sesi pemaparan materinya. Setelah pemaparan materi kedua, para peserta diberikan penugasan yang harus dikerjakan dan dikumpulkan pada esok hari. Acara WORKOUT hari pertama berakhir pada pukul 12.00 WIB. 

WORKOUT 2022 hari kedua dimulai dengan pembukaan dan pengecekan penugasan oleh panitia. Materi pada hari kedua masih dibawakan oleh pembicara yang sama, yaitu Bapak Seni Raftsan Zani, S.T., M.M. Pada hari kedua ini, materi yang dibahas adalah pembahasan dari penugasan para peserta yang sudah diberikan dihari pertama.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply